Bright Star Blogs


Compiz Fusion di Ubuntu
July 8, 2008, 4:46 pm
Filed under: Linux, Ubuntu

Untuk sebagian orang yang menggunakan VGA yang memang sudah di-support oleh compiz, maka mungkin tidak menjadi masalah.
Saat saya mencoba menjalankan Compiz Fusion di Ubuntu dengan VGA Intel Onboard, saya mengetahui jika VGA saya di blacklisted oleh Compiz.
Berikut ini adalah pesan error sewaktu compiz saya jalankan dari command :
sky@darkstar:~$ compiz
Checking for Xgl: not present.
Blacklisted PCIID '8086:29a2' found
aborting and using fallback: /usr/bin/metacity

Continue reading

Printing dari Windows ke Linux Share Printer
July 8, 2008, 4:27 pm
Filed under: Networking, Windows

Seperti yang telah dibahas di tulisan saya yang sebelumnya mengenai Service CUPS Ubuntu, untuk meng-akses printer yang di-share dari mesin Linux, anda harus menggunakan protocol ipp atau CUPS.

Berikutnya adalah langkah – langkah untuk menambahkan printer Linux dari Windows :
1. Click Start -> Setting -> Printer and Faxes
2. Click Add a printer
3. Pilih Option “A network printer,….”
Continue reading



Service CUPS Ubuntu
July 8, 2008, 4:04 pm
Filed under: Linux, Ubuntu

Service Cups di Ubuntu secara default hanya listen ke localhost saja.
Jadi jika ada printer yang di-share, secara otomatis mesin lain tidak dapat mengakses ke printer yang ada di Linux.

Untuk mengecek service CUPS apakah sudah ter-install di mesin sendiri gunakan perintah :
nmap localhost
Jika hasil output anda seperti ini, berarti service CUPS sudah terinstall dan jalan di komputer anda :
PORT STATE SERVICE
...
631/tcp open ipp
...

Continue reading



Epson LQ-1070+ di Ubuntu
July 8, 2008, 3:41 pm
Filed under: Linux, Ubuntu

Saya sempat bingung sewaktu ingin meng-install printer ini ke Linux.
Karena pikir saya mungkin tidak di-support oleh Linux.
Saya mencoba printer ini di Ubuntu, dan saat pertama kali mencoba saya menggunakan driver Epson LQ-570+, karena saya tidak menemukan driver untuk tipe LQ-1070+ di Ubuntu.
Setelah saya coba test print, hasilnya tidak maksimal, alias ada tidak kesesuaian driver.
Setelah saya googling, saya menemukan untuk printer ini, berjalan dengan baik dengan menggunakan driver dari Epson yang 24-pin.

Info situs : http://www.linuxprinting.org/show_printer.cgi?recnum=Epson-LQ-1070
Selamat mencoba 🙂